Perusahaan Facebook, Inc. Berencana untuk Menyediakan Layanan Internet Gratis

Perusahaan Facebook, Inc. Berencana Untuk Menyediakan Layanan Internet Gratis
Facebook, Inc. berencana akan menawarkan sistem layanan internet dasar secara gratis untuk ponsel. Hal tersebut menurut seorang eksekutif Facebook setelah memperkenalkan aplikasinya pada 17 negara berkembang di dalam satu tahun terakhir ini. Pada sebuah artikel di blognya untuk memberikan tanda tahun pertama inisiatif itu, Facebook menyampaikan bahwa akan membuka sebuah portal yang memberikan kemungkinan operator ponsel untuk menawarkan layanan akses gratis tersebut melalui Internet.org.

 FB sendiri saat ini tengah bermitra bersama dengan operator operator tertentu guna meluncurkan layanan di negara negara lain yang berbeda. Internet.org saat ini telah membuka akses Internet untuk sekitar sembilan juta orang di satu tahun terakhir ini. Hal tersebut disampaikan menurut wakil presiden bagian produk untuk Internet.org yang bernama Chris Daniels kepada kantor berita Ruters pada Senin, 27 Juli 2015 kemarin. Seperti yang dilansir oleh VOAIndonesia.

 Facebook telah mengembangkan fasilitas tersebut bersama enam mitra teknologi guna membangung sekitar 4.5 juta orang terhubung dengan Internet, terlebih di Amerika Latin, Afrika, serta Asia. FB pun menawarkan layanan laman dasar secara grafis untuk pengguna dengan akses jaringan sosial dan layanan pesan Facebook. FB pun telah menyampaikan dalam blongnya, bahwa layanan tersebut telah mengusung para pengguna baru ke jaringan seluler dengan rata rata mencapai lebih dari 50 persen lebih cepat.

 Dalam blognya pun disampaikan bahwa lebih dari setengah orang yang menggunakan Internet.org akan membayar untuk data akses Internet secara lebih luas dalam satu bulan. FB tidak memberikan bayaran apapun yang digunakan guna mengakses layanan itu. Aplikasi Internet.org yang diluncurkan pada bulan Februari di India bersama dengan mitra Reliance Communications itu menghadapi reaksi yang sedikit buruk dengan mundurnya beberapa perusahaan teknologi dan internet dari layanan tersebut.

 Kemunduran itu terjadi setelah para aktivis mengklaim layanan tersebut telah melanggar prinsip prinsip Internet yang netral. Salah satu komite kementerian telekomunikasi yang dibentuk guna menganalisis isu netralitas Internet pada awal Juli telah memberikan rekomendasi bahwa kolaborasi kolaborasi antar operator seluler dan penyedia konten yang memberikan kemungkinan peran Penjaga Gerbang seharusnya tak didukung.

Sumber : Berita Terbaru: Facebook (FB) Berencana Untuk Menyediakan Layanan Internet Gratis.